Kamu Saja Yang Melakukan

Suatu kali Imam Hasan al Bashri lewat di depat jenazah yang lagi ditandu orang. Lalu ia bertanya kepada seorang pemuda yang berada di dekatnya: “Andaikan mayat itu kembali hidup apakah ia akan melakukan amalan yang paling afdal yang pernah ia lakukan dulu ketika hidup?

Pemuda: Pasti.

Hasan: Kalau ia tidak mampu melakukan itu maka kamu saja yang melakukannya.

Rentetan ilmu yang paling rendah (dari segi penguasaan) yang dimiliki manusia adalah sesuatu yang dipelajari seseorang dari buku dan guru. Dan yang paling tinggi adalah ilmu yang ia dapatkan sendiri dari pengalaman pribadinya, hasil interaksi dengan segala sesuatu dan dengan orang lain.

Andaikan anda mampu meninggalkan sesuatu yang tidak ada kepentingan anda di sana, dan tidak menyibukkan diri terhadap sesuatu yang berada di luar pengaruh anda, pasti hati dan akal anda akan menjadi bening. Dan kebahagiaan akan segera menghampiri anda.

Tinggalkan pandangan yang berlebihan, anda akan diberi bimbingan untuk khusyu’. Tinggalkan kelebihan bicara, anda akan dibimbing untuk mengeluarkan hikmah. Dan tinggalkan kelebihan makan, anda akan diberi bimbingan untuk banyak beribadah. (Abdullah bin Mubarak)

Apabila anda ingin bicara dengan Allah maka lakukanlah shalat. Dan apabila anda ingin Allah yang bicara kepada anda maka bacalah al Qur’an (Hasan al Bashri)

Advertisements
This entry was posted in Kata Hikmah. Bookmark the permalink.

One Response to Kamu Saja Yang Melakukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s