Jauhi Bacaan yang Mengandung “Syubhat”!

Banyak di antara anak muda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah yang suka membaca buku-buku pemikiran yang berhubungan dengan agama. Padahal ilmu-ilmu dasar belum ia kuasai dengan baik. Pemahamannya terhadap Islam masih sangat lemah.

Akibatnya, ibarat gelas kosong, apa yang dimasukkan itulah yang menjadi isinya. Kalau yang dituangkan minuman yang menyehatkan, itu akan sangat bermanfaat bagi dirinya. Tapi kalau yang dituangkan adalah kotoran, apalagi racun, tentu sangat membahayakan. Sayangnya, dengan minimnya dasar-dasar keilmuan, mereka tidak bisa membedakan atau menyaring mana air bersih dan mana air kotor.

Banyak orang yang di awalnya beralasan membaca sebuah tulisan berbau “liberal” umpamanya, atau buku yang mengandung “syubhat-syubuhat” dengan motif menambah wawasan. Tanpa ia sadari, sedikit demi sedikit ia berubah. Bukannya menyadarkan orang yang salah, tapi justru ia yang melenceng dari jalur kebenaran. Istilahnya, “tukang pancing dilarikan ikan”.

Parahnya ia merasa mendapatkan sesuatu yang baru atau mereka istilahkan dengan pencerahan. Padahal ia sudah tersesat jauh, sulit untuk kembali.

Untuk mengantisipasi hal itu, perlu kiranya kita tadabburi hadist yang diriwayatkan oleh ‘Imran bin Husen ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ، فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهُوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ، مِمَّا يَبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ»

“Siapa yang mendengar tentang kemunculan Dajjal maka hendaklah ia menjauh darinya. Demi Allah, sesungguhnya seorang laki-laki mendatanginya dan ia mengira bahwa dirinya seorang yang beriman lalu ia mengikutinya, akibat syubhat-syubhat yang ia (Dajjal) sampaikan”. (HR. Abu Daud)

Jangan sampai kita terlalu percaya diri tidak akan terpengaruh ketika banyak mendengar hal-hal yang mengandung syubhat. Banyak sedikitnya akan membawa dampak negatif terhadap cara pikir kita.

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

One Response to Jauhi Bacaan yang Mengandung “Syubhat”!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s