Di Mana Kekurangannya?

Dulu ketika al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam beberapa orang shahabat mengimaninya.

Hanya dengan beberapa ayat al Qur’an yang sudah turun kehidupan mereka berubah total. Dari jahiliyyah menjadi manusia teladan sepanjang masa. Segelintir shahabat yang ada mampu mewarnai kehidupan di zaman itu. Bahkan merubah dunia yang gelap gulita diselimuti kemusyrikan dan kebodohan menjadi terang benderang dengan cahaya tauhid dan ilmu.

Hari ini semangat menghafal al Qur’an itu -alhamdulillah- sangat hidup di tengah bangsa kita khususnya. Di mana-mana ada sekolah menghafal al Qur’an dengan berbagaimacam metode. Sampai ada yang mampu menghafal dalam waktu singkat.

Ribuan hafizh dihasilkan dalam satu kali wisuda. Bila dulu hafizh al Qur’an sangat langka, yang barangkali hanya bisa ditemukan di sekolah tinggi ilmu al Qur’an saja, hari ini di manapun kita bisa menemukan para hufazh. Bahkan bukan hanya di sekolah atau universitas berbasis agama, di sekolah dan universitas umum pun banyak.

Tapi sayangnya, puluhan ribu hafizh itu sepertinya belum mendatangkan dampak positif yang siknifikan terhadap kehidupan kita berbangsa. Keadaan yang tampil kepermukaan justru memperlihatkan kalau akhlak bangsa ini semakin terperosok ke taraf yang tidak diinginkan.

Tidakkah hal ini menjadi perhatian kita?

Di manakah letak kesalahan dan kekurangannya?

Barangkali hal ini sangat penting kita analisa bersama untuk dicarikan jalan keluarnya. Permasalahan yang tidak kalah pentingnya dari pada sekedar hafal al Qur’an itu sendiri.

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

One Response to Di Mana Kekurangannya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s