Bisnisman Yang Jujur, Amanah dan Profesional

Menjadi bisnisman atau pedagang itu butuh kejujuran, amanah dan profesional. Bila tiga sifat ini tidak dimiliki, mustahil bisa menjadi seorang bisnisman yang sukses.

Tapi tiga sifat inipun tidak terlalu berarti bila relasi dan kolega dalam berbisnis tidak memiliki sifat yang sama. Kebaikan pribadi saja tidak terlalu berarti bila orang sekitarnya culas, pengkhianat dan bodoh.

Amat beruntung orang yang memiliki tiga sifat ini dan dikelilingi oleh orang-orang yang juga memiliki sifat yang sama. Kekayaan yang berkah akan dilimpahkan Allah kepadanya dan kepada orang sekitarnya.

Inilah keadaan yang dimiliki oleh konglomerat besar di zaman shahabat seperti Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin ‘Auf. Bisnisman shaleh dikelilingi oleh orang-orang shaleh.

Betapa langkanya orang dan kondisi seperti ini di zaman kita sekarang. Kadang-kadang orang baik terpaksa berbuat tidak jujur karena lingkungan bisnis yang sudah demikian semua, kecuali bagi orang yang dipelihara dan dirahmati Allah.

Pantasan Rasulullah bersabda: “Pedagang yang jujur nanti di akhirat akan dibangkitkan bersama para nabi, shiddiqin, syuhada’ dan orang-orang shaleh”.

Ya Allah, karuniakan kami kejujuran, amanah dan keprofesionalan dalam bidang kami masing-masing.

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

One Response to Bisnisman Yang Jujur, Amanah dan Profesional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s