Bila Sudah Pikun

Dalam tradisi ilmu hadits, seseorang bila sudah masuk usia lanjut dan bicaranya sering ngelantur akan dilarang untuk menyampaikan hadits. Atau orang tidak akan menerima lagi penyampaian hadits darinya. Sekalipun sebelumnya ia adalah orang yang ‘adil dan kuat hafalan. Bila ada orang yang tetap ngotot meriwayatkan hadits darinya maka nilai haditsnya akan turun.

Jadi, bila seseorang yang sudah memasuki usia lanjut dan bicaranya sering ngelantur itu tandanya ia sudah mesti dirumahkan. Tidak pantas untuk bersikeras tampil dan menanggapi masalah orang banyak. Apalagi sebagai pengambil keputusan kemaslahatan umum.

Orang yang memberikan kepercayaan pun harusnya tahu situasi dan kondisi kalau orang tua seperti itu tidak boleh lagi dipikulkan amanah berat. Beri ia kesematan untuk memperbanyak taubat dan persiapan untuk pulang.

Dari pada diberikan amanah, lebih baik berikan kepadanya mushhaf al Qur’an, tasbih dan sajadah. Kemudian bimbing ia menuju mihrab rumah mewahnya. Shalat dan dzikirlah di sana sampai Allah memanggil untuk kembali.

Saya kira itu lebih baik untuk kebaikan dirinya dan kemaslahatan orang banyak.

Wallahu a’lam bish shawab.

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

One Response to Bila Sudah Pikun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s