Gelap Mata Karena Syahwat Ingin Berkuasa

Manusia banyak yang gelap mata dalam memburu amanah dan jabatan karena dorongan syahwat. Boleh jadi karena syahwat ingin berkuasa, ingin tenar, ingin kekayaan dan keinginan-keinginan duniawi lainnya.

Padahal untuk meraih itu mereka tidak peduli dengan kemampuan dirinya, apakah ia orang yang pantas untuk menjalankan amanah tersebut atau tidak. Sebab sebuah pekerjaan tidak bisa dilakukan hanya dengan modal kemauan dan semangat saja, tapi juga butuh ilmu dan keterampilan.

Sedangkan Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan di dalam musnad Ar Ruyani dan disebutkan oleh Imam Adz Dzahaby dalam kitab Siyar A’lam an Nubala’ dan Tadzkiratul Hufazh, berasal dari Abu Burdah ibn Abi Musa al Asy’ary:

«مَنْ تَوَلَّى عَمَلًا وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لَيْسَ لِذَلِكَ الْعَمَلِ بِأَهْلٍ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ»

“Siapa yang mengemban suatu jabatan pekerjaan padahal ia tahu bahwa ia bukanlah orang yang berkompeten untuk pekerjaan itu, maka hendaklah ia mempersiapkan singgasananya di dalam neraka”.

Ya Allah, singkirkan dari kami syahwat ingin menjabat.

Advertisements
This entry was posted in Tadabbur Hadits. Bookmark the permalink.

One Response to Gelap Mata Karena Syahwat Ingin Berkuasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s