Mesjid di Mesir

Hampir seluruh mesjid di Mesir memiliki imam dan khatib tetap. Setiap khatib bertanggungjawab menangani satu mesjid. Ia berkewajiban mengimami shalat lima waktu, khutbah di hari Jum’at, mengisi wirid pengajian dan bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan mesjid. Imam-imam itu sama dengan PNS yang digaji dari uang negara.

Sistem seperti ini kelihatannya mempunyai nilai sangat positif. Karena seorang khatib yang dari Jum’at ke Jum’at, bulan ke bulan, bahkan dari tahun ketahun berada di satu mesjid saja, tentu ia harus meng-update pengetahuannya setiap saat, supaya apa yang ia sampaikan tidak monoton dan berulang.

Paling kurang setiap minggu ia mesti mempersiapkan satu tema khutbah yang harus ditampilkan semenarik mungkin, agar jama’ah tidak bosan. Sebab tiap Jum’at yang muncul di podium selalu wajahnya. Setahun paling kurang ada 50-an judul khutbah yang sudah ia konsep. Tidak mungkin dalam setahun ia menyampaikan khutbah yang sama. Belum lagi kalau ia mempunyai wirid kajian rutin dengan jama’ah mesjidnya.

Imam juga harus bisa menjawab setiap pertanyaan seputar masalah agama yang ditanyakan masyarakat sekitar mesjid. Mereka menjadi rujukan paling tidak oleh orang se-kelurahan. Makanya tidak heran bila ulama-ulama besar di sini bermula dari seorang imam dan khatib.

Beda dengan mayoritas khatib di negeri kita, yang pindah dari satu mesjid ke mesjid yang lain. Paling sering satu kali sebulan ia akan menyampaikan khutbah di mesjid yang sama. Artinya, konsep bisa diganti sekali sebulan dan setahun hanya butuh 12 tema.

Kelebihannya lagi, jama’ah bisa memilih khatib dan tempat jum’at yang dia sukai. Bila kita ingin mendengar khatib tertentu cukup kita datang ke mesjid tempat ia menjadi imam dan khatib.

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

One Response to Mesjid di Mesir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s