Pengajar Adab yang Biadab

Di antara manusia ada orang-orang yang rajin bicara adab dan akhlak. Katanya, adab lebih utama dari ilmu. Secuil adab lebih berharga dari pada segudang ilmu. Setelah itu mereka mengutip kisah-kisah betapa hebatnya adab Rasulullah, para shahabat, para tabi’in dan para ulama-ulama shaleh dulu.

Sayanganya, tulisan dan pembicaraan itu disampaikan tidak sesuai dengan adab itu sendiri. Maksudnya mengajari manusia tentang adab, tapi hakikat yang tampil menunjukkan betapa biadabnya si pembicara yang pengajari manusia tentang adab tersebut.

Pembicaran dibuka dengan manis bagai madu. Disertai dalil yang meyakinkan. Lengkap ayat al Qur’an dan haditsnya. Kalimat yang digunakan indah memukau bagai goresan tinta pujangga.

Namun sayang beribu sayang, penjelasan dan komentar di bawahnya penuh caci maki, sindiran, hinaan, gunjingan, carut marut, fitnah, dan adu domba dengan dalih menasehati. Jangankan manusia, anjing dan babipun tidak sanggup mendengarnya, apalagi untuk menerima dan menelannya.

Musibah di atas musibah bila yang mengajari kita tentang adab adalah orang yang pernah belajar adab tapi bukan pengamal adab.

Musibah di atas musibah bila yang mendidik umat tentang adab adalah para manusia biadab sekalipun mulutnya berbusa-busa bicara adab.

Kemalangan yang lebih malang dari pada kota Malang, bila yang meluruskan akhlak kita ketika salah adalah orang yang lebih pantas masuk karantina penangkaran binatang buas dari pada menjadi guru akhlak.

Ya Allah, ringankan musibah yang menimpa umat ini.

Advertisements
This entry was posted in Khawathir. Bookmark the permalink.

One Response to Pengajar Adab yang Biadab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s