Fuqara’ Masakini

Di antara 8 kelompok orang yang berhak menerima zakat adalah fuqara’ – masakin. Yaitu orang-orang berekonomi lemah dalam bahasa ringkasnya.

Kelompok orang semacam ini masih sangat banyak di tengah-tengah masyarakat kita. Mereka mudah dikenali melalui keadaan hidup mereka sehari-hari.

Rumah mereka mungkin masih sangat sederhana. Pakaian tidak mewah. Tidak punya kendaraan dan barang-barang lux. Anak-anak mereka tidak bisa sekolah tinggi bila tidak dapat beasiswa atau bantuan dari pihak lain. Keseharian mereka tidak bisa hidup dengan santai, selalu harus banting tulang peras keringat. Dan yang dapat mereka kerjakan biasanya adalah pekerjaan-pekerjaan kasar, seperti bertani dan buruh.

Di sisi lain, ada pula kelompok orang yang dijuluki “fuqara’-masakini”. Ada huruf “i” setelah huruf “n”. Kelompok kedua ini sepertinya juga menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Ciri-cirinya, mereka hidup dengan mewah. Pakai kendaraan yang harganya ratusan juta, bahkan milyaran. Rumah bagaikan istana. Gatget selalu dengan merk terbaru dan yang paling mutakhir. Tampilan selalu necis, pakai jas, dasi dan sepatu mengkilat. Kadang-kadang pakai kacamata hitam. Sungguh keren, membuat selera menetes melihat mereka.

Anak-anaknya belajar di sekolah atau universitas yang bayarannya puluhan juta. Kalau perlu di luar negeri. Liburannya juga harus ke luar negeri. Pokoknya serba “subhanallah” deh.

Cuma satu hal yang perlu dicatat, semuanya dibeli dengan uang pinjaman. Hutang mereka di bank lebih besar dari pada nilai semua benda yang mereka gunakan.

Sungguh cara dan gaya hidup yang aneh. Dunia ini memang penuh keajaiban, kadang yang terjadi jauh dari nalar yang kita miliki. Gaya hidup lebih penting dari pada kenyataan hidup. Na’udzubillah, dari sifat seperti ini.

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

One Response to Fuqara’ Masakini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s