Pelajaran Yang Tidak Bertepi

Sungguh kematian menjadi pelajaran yang tidak bertepi. Setiap hari ada hikmah baru yang bisa kita ambil sebagai bahan untuk menghadapinya.

Usia ini mengalir bagaikan eskalator yang memindahkan seseorang dari satu lantai ke lantai berikutnya sekalipun dia tidak bergeming sedikitpun. Atau bagaikan lift apartemen yang mengangkat tubuh ke lantai yang lebih tinggi.

Diri ini akan semakin sadar bahwa dia sudah semakin menua ketika orang yang lebih muda mendahuluinya, meninggalkan kehidupan ini untuk melanjutkan kehidupan pada sesi berikutnya.

Tidak ada perlunya berbangga dengan tampang awet muda, atau pujian dari orang lain bahwa ia semakin gagah dan ganteng. Terlebih ketika melihat banyak orang yang lebih muda, lebih sehat wal afiat, lebih segar bugar, lebih ganteng, atau lebih cantik, atau lebih gagah, lebih kaya, lebih mewah, lebih berpangkat, lebih pintar dan lebih berilmu, berangkat ke alam sana dengan seenteng-enteng sebab, bahkan tanpa sebab sama sekali selain sudah datangnya ajal dan habisnya jatah rezki di dunia ini.

Pada saatnya setiap diri akan berkata: “Selamat tinggal wahai dunia, aku akan berangkat untuk melihat hasil amalku selama bersamamu”.

Kematian adalah perkara terbesar yang dihadapi setiap jiwa, cuma karena setiap orang merasakannya, banyak yang tidak peduli atau tidak mau tahu.

Kematian adalah sesuatu yang seharusnya sering-sering diingat, bahkan selalu diingat, akan tetapi banyak yang berusaha menghibur diri supaya bisa melupakannya.

Kafa bilmauti wa’izhan, cukuplah kematian sebagai pelajaran, kata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Advertisements
This entry was posted in Khawathir. Bookmark the permalink.

One Response to Pelajaran Yang Tidak Bertepi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s