Mengenal Kampung Akhirat

Setiap mahasiswa yang akan berangkat kuliah ke luar negeri, Mesir khususnya, pasti mempelajari terlebih dahulu tentang Mesir sedalam-dalam dan seluas-luasnya. Mulai dari mempelajari sejarah Mesir seperlunya, mengetahui letak geografis, kondisi alam, masyarakat, cuaca, perkuliahan dan apapun tentang Mesir.

Apalagi sekarang, sebelum sampai di Mesir mereka sudah bisa melihat keadaan tempat tinggal, perkuliahan dan situasi jalan-jalan melalui video dan google map. Dengan demikian sesampai di Mesir mereka tidak perlu celangak-celinguk lagi.

Itu teorinya….Bagaimana kenyataannya?

Ternyata sesampai di Mesir masih banyak yang berkata: “Tidak sesuai dengan yang dibayangkan”, Tidak seindah yang diharapkan”, dan ungkapan semacamnya.

Hal itu terjadi barangkali karena dua faktor; pertama karena dia tidak mempelajari betul-betul tentang Mesir sebelum berangkat, kedua karena memang apa yang menjadi bayangan kita dari tempat jauh tidak akan mungkin persis sesuai dengan kenyataan ketika kita betul-betul sudah di tempat yang dibayangkan. Sekalipun gambarang tentang tempat yang akan ditempuh itu sudah sangat jelas kita terima sebelumnya.

Begitu juga ketika kita akan pergi haji atau umrah untuk pertama kali, dan jalan-jalan ke daerah manapun di dunia ini. Padahal itu masih perjalanan sama-sama di dunia, bahkan masih sama-sama di bumi. Maka tidak bisa dibayangkan bagaimana dahsyat dan mengagetkannya perjalanan yang akan ditempuh sesudah kehidupan ini nanti. Terutama bagi orang yang tidak pernah membaca dan mendengar bagaimana keadaan di alam seberang sana.

Tidak terbayangkan, bagaimana kagetnya seseorang yang tidak tahu atau tidak mau tahu tentang sakaratul maut, Malaikat Maut, alam kubur dengan Mungkar-Nangkirnya dan rentetan peristiwa berikutnya sampai berakhir di neraka atau di surga.

Untuk itu, al Qur’an sudah memberikan berita sejelas-jelasnya tentang kondisi akhirat itu, supaya kita tidak kaget ketika menghadapinya nanti. Hampir seluruh surat dalam al Qur’an menyinggung gambaran dahsyatnya kehidupan akhirat nanti. Ditambah lagi penjelasannya oleh hadits-hadits Nabi yang menjadikan beritanya semakin terang benderang, jelas dan tidak samar-samar.

Sekarang tergantung kita, apakah kita mau mempelajari dan mencari tahu tentang itu atau kita menunggu apa adanya. Ibarat seseorang yang akan bepergian jauh tanpa mempelajari keadaan perjalanan yang akan ditempuh, suasana tempat yang akan dituju, juga hanya membawa bekal seadaanya, atau tanpa bekal sama sekali. Dengan pikiran, di mana ada masalah di sana diatasi.
Untuk perjalanan di dunia mustahil manusia melakukan hal itu. Karena dia sadar bahaya yang akan menimpa.

Namun sayangnya, untuk kehidupan akhirat amat sedikit manusia yang menyadari itu, kemudian punya kesadaran untuk mempelajarinya. Selanjutnya bila sudah tahu betapa mengkhawatirkannya perjalanan itu tentu ia akan membuat persiapan-persiapan matang untuk menghadapinya agar sampai ke tempat tinggal hakiki nan abadi nanti itu dengan selamat. Kalau tidak akan melenceng ke tempat lain yang tidak diharapkan.

Agenda selama Ramadhan yang sudah hampir berlalu ini seharusnya menjadi salah satu momentum untuk menambah pengetahuan dan kesadaran guna membuat persiapan menuju alam sana. Agar mata tidak terbelalak dan perasaan kaget bila saat harus menempuh situasi itu tiba.

Amat penting berkenalan dengan Malaikat Maut, Malaikat Mungkar dan Nangkir, Malik dan Ridwan, sebelum bertemu dengan mereka. Kenali bagaimana sifat mereka. Juga kenalilah tempat dan halte-halte yang mesti dilalui sebelum sampai ke tempat harapan. Yang lebih penting kenali bahaya apa saja yang akan kita hadapi dan bagaimana cara menghindarinya serta bekal apa yang mesti dipersiapkan. Supaya tidak terjadi hal ini….

وَبَدَا لَهُمْ مِنَ اللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا يَحْتَسِبُونَ

Dan jelaslah bagi mereka sesuatu (azab) dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan. (Az-Zumar: 47)

Advertisements
This entry was posted in Khawathir. Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Kampung Akhirat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s