Ardzalil ‘Umur

Allah berfirman:

أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاءُ فَأَصَابَهَا إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ

Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya. (Al Baqarah: 266)

Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu menjelaskan: “Ini adalah perumpamaan yang dibuatkan untuk manusia yang melakukan amal shaleh hingga ia mencapai akhir umurnya. Di puncak butuhnya ia kepada amal shaleh justru ia lakukan amalan yang buruk”.

Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma menjelaskan lebih terang: “Apakah ada di antara kalian yang ingin beramal dengan amalan kebaikan sepanjang umurnya, lalu di saat umurnya sudah hampir habis dia menutup kehidupannya dengan amalan orang-orang yang celaka, dengan itu ia telah membinasakan seluruh kebaikan yang telah ia perbuat sebelumnya”.

Ayat ini sangat pantas direnungkan oleh orang-orang yang diberikan usia lanjut oleh Allah dan sebelumnya ia sudah melakukan amalan yang banyak.

Apalagi jika ia adalah orang yang sudah berlumut dalam perjuangan dan dianggap ahli dalam bidang agama. Orang yang sudah diberi titel ustadz, kiyai, buya dan syekh oleh masyarakat.

Ya Allah, tutuplah usia kami dengan husnul khatimah. Cabutlah rasa cinta dunia yang menggelapkan hati dari kebenaran.

Advertisements
This entry was posted in Tadabbur Al Qur'an. Bookmark the permalink.

One Response to Ardzalil ‘Umur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s