Khutbah yang Semangat

Kita bangsa Melayu ini terbiasa dididik dengan “kelemah lembutan”. Tapi kadang-kadang karena terlalu lembut tidak sadar sudah jadi banci. Makanya tidak heran bila banci kaleng berserakan di seantero Nusantara. Tolong sebutkan, di mana daerah tanpa ada banci kaleng di sana!

Orang sedikit bicara tegas dibilang, garang! Orang sedikit bicara kebenaran dengan nada agak tinggi dikatakan, sadis! Kejam! Angker! Tidak ramah! Tidak menunjukkan rahmtan lil ‘alamin.

Dalam hadits kita baca Rasulullah itu kalau khutbah memerah matanya, meninggi suaranya bagaikan orang mengomandokan perang. Bisa dibayangkan?

Ngaku pengikut dan meniru Rasulullah yang rahmatan lil ‘alamin. Apanya yang ditiru? Rasulullah tidak ada bicara dengan nada loyo tidak semangat.

Aisyah pernah memarahi seorang laki-laki yang bicara loyo karena mau bersifat zuhud. Umar bin Khattab itu orang yang paling zuhud, tapi kalau bicara lantang kedengaran, kalau memukul membikin sakit, bentak beliau.

Di Mesir ini tidak ada saya temukan khatib yang khutbah dengan suara lembek, dibikin-bikin dan loyo membuat orang tidur. Semua tegas, lantang, dan berapi-api bagaikan komandan tentara di medan perang.

Bahkan ada yang tubuhnya kelihatan sudah lemah karena tua, atau perawakannya lembut, tapi kalau sudah berada di atas podium, betul-betul bagaikan singa.

Untuk mengajarkan keberanian terhadap kebenaran bukan dengan cara loyo dan lembut dibikin-bikin. Tampakkan kejantanan! Sampaikan dengan lantang. Jangan didik umat jadi banci kaleng!

Ustadz bicara tegas dan lantang dikatakan kasar, sadis. Giliran si kafir berkata kasar dan kotor dibilang “tegas”. Kau lagi sadar atau ngigau?

Advertisements
This entry was posted in Khutbah Jum'at. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s