Makna Kalimat Thayyibah

Suatu kali Abu Jahal bersama konco-konconya mendatangi Abu Thalib untuk memintanya bicara kepada Nabi Muhammad. Tuntutan yang ingin disampaikan kali ini adalah agar Rasulullah berhenti mencela tuhan-tuhan mereka dan mengeritik keyakinan mereka.

Setelah disampaikan kepada Rasulullah, beliau menjawab: “Aku hanya menginginkan kalian mengucapkan satu kalimat. Dengan kalimat itu kalian akan menguasi bangsa Arab dan non Arab”.

Abu Jahal berkata: “Jangankan satu kalimat, 10 kalimat pun akan aku ucapkan. Kalimat apakah yang mesti kami ucapkan?”

Rasulullah berkata: “Ucapkanlah “Tiada tuhan selain Allah” (لا إله إلا الله), dengan kalimat itu kalian akan berjaya”.

Mereka menjawab: “Adapun ini “tidak”. Apakah kamu akan menjadikan tuhan-tuhan yang banyak menjadi Tuhan Yang Esa? Ini sungguh hal yang mencengangkan”.

Abu Jahal dan konconya paham betul apa makna dan maksud dari kalimat tauhid itu. Dengan pengakuan terhadap kalimat itu berarti tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah. Tidak ada tempat menggantungkan harapan selain kepada Allah. Tidak ada ketundukan dan keloyalan kecuali kepada Allah. Siap menerima hukum dan segala aturan yang berasal dari Allah.

Dengan pengakuan terhadap kalimat itu mereka tidak bebas lagi melepaskan hawa nafsu, syahwat dan kesewenang-wenangan terhadap orang yang lebih lemah. Tidak ada prostitusi, mabuk, riba, penipuan, penyalah gunaan wewenang, dsb.

Saya kira hanya Abu Jahal dan antek-anteknya saja yang faham maksud terdalam dari kalimat itu, hingga mereka terus berusaha siang dan malam melenyapkannya. Tapi rupanya anak-cucu beserta cicit Abu Jahal yang tidak bisa berbahasa Arab hari ini juga faham maknanya. Karena itu mereka terus menerus memeranginya dengan segala cara.

Advertisements
This entry was posted in Kisah Hikmah. Bookmark the permalink.

One Response to Makna Kalimat Thayyibah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s