Syubhat

Petugas kereta api bila ingin membelokkan arah yang akan ditempuh kereta api tidak perlu susah payah seperti membelokkan mobil. Cukup dengan menekan tombol kecil yang menggerakkan rel kereta api, nanti arah keretanya akan berubah sendiri. Yang seharusnya menuju selatan bisa berubah menjadi ke utara. Dan penumpang yang ada di dalam kereta api tidak akan merasakan perubahan itu.

Begitu barangkali perumpamaan hati manusia, dia bisa saja berubah dengan sangat drastis ketika mendengar kalimat yang mempunyai pengaruh kuat, tanpa disadari pemilik hati. Tidak terasa barangkali, seseorang yang mempunyai sebuah pemahaman bagus, tiba-tiba berubah menjadi tidak baik gara-gara satu kalimat yang mengandung kekuatan.

Karena itu, kita harus berhati-hati, jangan sampai telinga ini direcoki oleh berita/kalimat yang mengandung syubhat, yang akan memalingkan hati dari jalan yang benar tanpa disadari.

Itulah barangkali salah satu hikmah kenapa kita harus menjauh dari orang suka membicarakan sesuatu yang mengandung shubhat. Dikhawatirkan hati ini tidak mampu menyaring.

Allah berfirman:

وَإِذَا رَأَيْتَ الَّذِينَ يَخُوضُونَ فِي آيَاتِنَا فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ حَتَّىٰ يَخُوضُوا فِي حَدِيثٍ غَيْرِهِ ۚ وَإِمَّا يُنْسِيَنَّكَ الشَّيْطَانُ فَلَا تَقْعُدْ بَعْدَ الذِّكْرَىٰ مَعَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Dan apabila kamu melihat orang-orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka sehingga mereka membicarakan pembicaraan yang lain. Dan jika syaitan menjadikan kamu lupa (akan larangan ini), maka janganlah kamu duduk bersama orang-orang yang zalim itu sesudah teringat (akan larangan itu). ( Al An’am: 68)

Advertisements
This entry was posted in Tazakiyatul Anfus. Bookmark the permalink.

One Response to Syubhat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s