Adab Berhutang

Salah satu adab dalam berhutang sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah adalah menyegerakan membayarnya ketika sudah datang waktu yang ditentukan sesuai perjanjian semula.

Bahkan Rasulullah mengatakan:

مطل الغني ظلم

“Mengundur-undur membayar hutang padahal ada kesanggupan untuk membayarnya adalah perbuatan zalim”. (HR. Bukhari-Muslim)

Perlu digaris bawahi kalimat “zalim”. Jangan sampai bermain-main dan menyepelekan kezaliman sekecil apapun. Karena tidak ada kezaliman yang sepele di hadapan Allah.

Dan alangkah zalimnya bila kita menjadikan orang yang memberi piutang bagaikan pengemis yang meminta-minta, seolah-olah tangan di bawah yang hina. Padahal ia menuntut haknya.

Sebenarnya bila kita punya keinginan jujur untuk mau membayar hutang, pasti Allah akan mudahkan segalanya. Sesusah apapun hidup pasti ada jalan keluar.

Yang jadi masalah itu ketika seseorang tidak punya kemauan untuk melunasi hutang. Seolah-olah uang atau harta yang dipinjam itu sudah menjadi hak miliknya, yang tidak perlu dikembalikan lagi.

Kemauan untuk membayar hutang dan menyegerakan membayarnya sangat berhubungan dengan keimanan. Hanya orang yang memiliki iman yang mempunyai kemauan untuk melunasi hutang, bahkan tidak nyaman bila memiliki hutang.

Tidak heran bila Allah memulai pembahasan tentang hutang dengan memanggil orang-orang beriman terlebih dahulu. Karena hanya mereka yang memahami betapa penting dan besarnya permasalahan ini, yang perlu mendapatkan perhatian istimewa. Saking istimewanya, ayat terpanjang di dalam Al Qur’an adalah ayat tentang hutang. Al Baqarah ayat 282.

Advertisements
This entry was posted in Adab. Bookmark the permalink.

One Response to Adab Berhutang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s