Pulang Dari Majlis Apa?

Kawan, bila engkau pulang dari pengajian kemudian semakin besar rasa sayangmu kepada saudara-saudaramu sesama muslim, semakin kasih kepada orang-orang di dekatmu, kamu ingin mereka selamat dan bahagia dunia akhirat sebagaimana kamu selamat, lalu kamu ingatkan dengan lemah lembut dan dengan cara yang baik, berarti engkau betul-betul pulang dari sebuah pengajian. Kamu -insyaallah- mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sekaligus mendapatkan pahala dari Allah.

Tapi kawan, kalau sepulang dari pengajian muncul kebencianmu kepada saudaramu karena celana mereka melampaui mata kaki, atau karena jenggot mereka dicukur, atau mereka tidak suka pakai siwak, atau mereka belum paham bagaimana cara meluruskan shaf, dan sebab-sebab lainnya yang membuatmu melihat mereka sebagai ahli bid’ah, pantas masuk neraka, perlu engkau renungkan lagi, mungkin tempat yang sebelumnya engkau datangi itu bukanlah majlis pengajian. Tapi barangkali majlis gunjing, fitnah dan adu domba. Sekalipun di sana dibacakan ayat-ayat Al Qur’an dan hadits Rasulullah. Atau boleh jadi itu majlis tempat dibacakannya mantra sihir yang memecah belah rasa persaudaraan.

Syari’at Islam ini diturunkan Allah melalui Rasul-Nya bertujuan untuk mengeluarkan manusia dari gelapnya kebodohan, menuju terangnya ilmu. Bukan sebaliknya.

Kalau pulang dari pengajian engkau senang sekali menempelkan label di kening orang yang tidak sepengajian denganmu perlu dipertanyakan, kamu tadi belajar dengan siapa? Jangan-jangan kamu baru pulang dari majlis syetan.

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

One Response to Pulang Dari Majlis Apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s