Menyesali Ramadhan

Bila kita sudah tunaikan kewajiban dengan baik, berikan pelayanan semaksimal mungkin dan mencurahkan rasa cinta sepenuhnya kepada orang yang kita sayangi, bila suatu saat takdir menentukan kita untuk berpisah, baik dipisahkan oleh jarak atau kematian, saat itu kita tidak akan ada rasa penyesalan. Justru puas. Sedih mungkin. Tapi sekedar sedih alami dan manusiawi karena harus berpisah dengan orang yang dicintai.

Tapi bila kita berlaku cuek kepada orang yang seharusnya kita cintai, tidak menunaikan kewajiban sebagaimana mestinya, dan menyia-nyiakan keberadaannya di sisi kita, bila suatu hari takdir memisahkan kita, sedih yang ada akan bercampur baur dengan penyesalan. Di sana akan berlipat gandalah kepedihan yang akan dirasakan.

Kira-kira begitulah keadaan kita setelah Ramadhan berlalu.

Orang yang mencurahkan segala kekuatan untuk melakukan amal sebanyak mungkin dengan kualitas paling maksimal yang ia sanggupi, akan melepas Ramadhan dengan senyum. Tinggallah rasa harap-harap cemas di hati, apakah semua amalnya diterima Allah atau tidak.

Tapi bagi orang yang tidak maksimal dalam beramal tentu yang ada hanya rasa penyesalah dan kecemasan. Tanpa disertai rasa harap. Apanya yang mau diharapkan bila tidak ada amal yang dipersembahkan dalam musim ketaatan ini.

Beginilah kita dari tahun ketahun. Selalu di akhir Ramadhan mengatakan sedih dengan kepergian Ramadhan. Padahal waktu Ramadhan masih ada di sisinya ia tidak mempedulikannya.

Kita memang makhluk yang aneh. Bisa menumpuk hal yang bertentang-tentangan dalam diri pada satu waktu.

Advertisements
This entry was posted in Puasa Ramadhan. Bookmark the permalink.

One Response to Menyesali Ramadhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s