Bukan Kekurangan Ilmu

Orang sekarang bukan kekurangan ilmu atau pengetahuan. Yang kurang itu adalah pemahaman. Kalau sekedar tahu sangat mudah menyampaikan informasi apapun kepada setiap orang di zaman serba canggih ini. Tapi untuk paham, itu butuh guru, latihan, perenungan, proses, dan waktu yang tidak sedikit.

Kalau sekedar banyaknya informasi yang masuk ke dalam otak dan banyaknya hafalan yang lengket di memori, www.google.com, komputer atau maktabah syamilah lah yang paling alim di alam ini.

Banyaknya perdebatan yang tidak perlu, tuding menuding dan cap mencap hari ini semua berasal dari ketidak pahaman, bukan ketidak tahuan. Bahkan ilmu atau pengetahuan yang banyak tapi tidak disertai pemahaman yang benarlah yang menjadi sumber bala’ dan kebisingan yang memekakkan telinga, kemudian membuat hati menjadi kasad belakangan ini.

Dulu orang juga banyak berdebat permasalahan agama ini, tapi terbatas pada kalangan terpelajar. Kaum santri dan ulama. Sekarang karena informasi sampai kepada siapapun, yang tidak ada hubungan sedikitpun dengan pendidikan agama ikut meramaikan perdebatan, karena apapun informasi masuk kepada mereka. Dan mereka merasa orang yang berkompeten meramaikan dunia perdebatan itu. La haula wa la quwwata illa billah.

Tidak salah bila Imam Syahid Hasan Al Banna selalu mewanti-wanti “alfahmu qablal ikhlas wal ‘amal” (paham sebelum ikhlas dan sebelum beramal). Bila tidak ada pemahaman kita akan saling cakar, perang dan bunuh-bunuhan atas nama ikhlas.

Alangkah mahalnya pemahaman itu.

(فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا)

“Maka mengapa orang-orang itu hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?” [Surat An-Nisa’ 78]

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

One Response to Bukan Kekurangan Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s