Cinta dan Benci Karena Kata Orang

Kadang kita menaruh benci kepada seseorang karena kita terlalu banyak mendengarkan cerita miring tentang orang tersebut dari orang-orang yang memang tidak suka kepadanya. Padahal kita sendiri belum banyak berinteraksi dengan orang itu. Bila kita sering berinteraksi dan bertukar pikiran dengannya, yang terjadi barangkali justru sebaliknya.

Kadang kita menaruh kagum kepada seseorang karena kita banyak mendengarkan pujian tentang orang tersebut dari orang-orang yang memang mencintainya. Padahal kita menyaksikan sendiri kekurangan, bahkan kejahatan orang yang dikagumi itu.

Alangkah malangnya bila orang yang sepatutnya kita cintai malah kita benci, dan orang yang seharusnya kita jauhi malah kita cintai mati-matian.

Dalam masalah ini fungsi akal sangat penting diaktifkan. Tidak cukup “jarh wa ta’dil” dari orang lain tanpa membuktikan sendiri. Harus bisa membandingkan satu tanda dengan tanda lainnya. Sampai kita kepada pilihan yang benar. Yang tidak akan menimbulkan sesal di dunia maupun di akhirat.

Advertisements
This entry was posted in Khawathir. Bookmark the permalink.

One Response to Cinta dan Benci Karena Kata Orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s