Bila Saling Mencintai

Rasulullah bersabda:

“لم ير للمتحابين إلا النكاح”

“Tidak terlihat (hal yang lebih baik) bagi dua orang yang saling mencintai selain nikah”. (HR. Ibnu Majah dan Baihaqy)

Kira-kira maksud ringkas hadits ini, bila sudah nyata saling mencintai antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan sebaiknya segera dinikahkan. Jangan mengulur waktu, apalagi dipaksa untuk memalingkan antara mereka berdua kepada cinta yang lain. Wallahu a’lam.

Hadits yang disampaikan oleh Rasulullah ini sangat penting menjadi perhatian bagi para wali yang akan menikahkan anaknya dan bagi laki-laki yang akan menikahi seorang perempuan.

Bila orang tua sudah melihat hati anak perempuannya saling terpaut dengan seorang laki-laki atau sebaliknya, sebaiknya dia tidak terlalu berpanjang-panjang dalam pertimbangan dan pikiran. Kecuali alasan beda agama, atau ada aib yang membuat cacat agama dan kehormatannya.

Mungkin dengan berbagai alasan duniawi, seperti tidak memiliki harta yang banyak atau bukan keturunan bangsawan, orang tua memaksakan nikah dengan pasangan pilihannya dan berhasil.

Tapi perlu dipertimbangkan, manusia itu selalu berubah-ubah. Syetan tidak akan pernah berhenti menggoda walau sedetik. Suatu saat, ketika kefuturan melanda, iman lagi melemah, bertepatan kondisi rumah tangga lagi goyang, iblis datang membayangkan kekasih lama, “kalau dengan dia barangkali saya akan lebih bahagia”, dengan kecanggihan alat komunikasi hari ini akhirnya cinta lama bersemi lagi.

Akibatnya, terjadilah hal yang sering diributkan orang; perselingkuhan.

Bagi bujangan, jangan berbangga atas keberhasilan menyabet kekasih orang. Atau menyiram kekecewaan seorang perempuan yang gagal ke pelaminan dengan kekasihnya. Waktu itu anda berbahagia, tapi ingat, suatu saat kehormatan ranjang anda bisa saja sebagai taruhannya. Jangan sampai sawah anda disirami oleh mantan peminatnya dulu.

Waspadalah!

#reunibawabencana

Advertisements
This entry was posted in Tadabbur Hadits. Bookmark the permalink.

One Response to Bila Saling Mencintai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s