Empat Azab

Ada empat bentuk azab yang akan dirasakan seorang pendurhaka di akhirat kelak:

1. Azab dalam bentuk dipermalukan di hadapan seluruh manusia, terutama di hadapan Rasulullah.

Setiap orang berakal sehat akan mengetahui bahwa azab dipermalukan lebih dahsyat daripada dipukul dengan pedang atau dibakar dengan api.

Misalnya, Anda terlanjur melakukan perbuatan zina, kemudian dipergoki oleh seseorang, lalu orang itu memberi Anda dua pilihan; mau dicambuk 100 kali tapi kerahasiaannya dijamin atau tidak dicambuk sama sekali tapi perbuatan Anda disebar luaskan melalui jejaring sosial.

Orang yang masih memiliki rasa malu dan harga diri akan memilih hukuman fisik daripada hukuman dipermalukan di hadapan khalayak ramai.

Apalagi bila kita dipermalukan di hadapan orang yang sangat kita cintai dan hormati.

2. Azab berbentuk ketakutan luar biasa yang dirasakan oleh seorang budak yang membangkang dan durhaka kepada tuannya. Saat itu ia berada di hadapan kekuasaan tuannya dan ia mustahil bisa melarikan diri darinya.

Di samping itu dia yakin bahwa tuannya mengetahui segala bentuk kedurhakaan yang sudah dia lakukan waktu hidup di dunia dengan sedetil-detilnya. Dan Dia Mahakuasa memberikan azab yang tidak terbayangkan dahsyatnya.

3. Di saat dirinya divonis masuk neraka, ketika itu ia melihat musuh yang dulu ia ejek, rendahkan dan hina selamat masuk surga dengan pahala yang besar.

Menyaksikan orang lain mendapat nikmat ketika diri sendiri mendapatkan azab merupakan azab di atas azab. Apalagi orang yang mendapatkan nikmat adalah orang yang dulu kita musuhi, rendahkan dan hina dinakan.

Tiga bentuk azab di atas adalah azab berbentuk ruhani.

4. Azab berbentuk jasmani, yaitu dimasukkan ke dalam neraka Jahannam. Azab seperti ini ditakuti oleh siapapun, baik oleh orang berakal sempurna yang takut dipermalukan, maupun oleh orang yang jiwanya rusak, tidak mempunyai rasa malu lagi.

اللهم أجرنا من النار

(Disarikan dari tafsir Mafatihul Ghaib Imam ar Razi)

Advertisements
This entry was posted in Tadabbur Al Qur'an. Bookmark the permalink.

One Response to Empat Azab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s