Lidah yang Tajam

Para shahabat Rasulullah gregetan (manggaritih) luar biasa ketika menyaksikan tingkah laku Ibnu Ubay bin Salul si gembong munafik. Kenapa tidak, dia mengaku muslim, bersorban, ikut shalat di masjid, lidahnya fasih berbicara, postur tubuhnya gagah meyakinkan, cuma sering sekali menyakiti Rasulullah dan orang-orang mukmin dengan ketajaman lidah dan kepakarannya dalam mengibulin orang-orang beriman.

Sudah lama Umar bin Khattab ingin menghabisi orang itu. Cuma Rasulullah melarang. “Jangan sampai orang mengatakan bahwa Muhammad membunuh shahabatnya sendiri”, jawab beliau.

Makanya ketika si jahannam yang pernah menyindir Rasulullah dengan kalimat tajam amat berbisa, “gemukkan anjingmu, nanti dia sendiri yang akan memakanmu” itu mati, kaum muslimin merasa sangat bersyukur.

Akhirnya si tajam lidah yang pernah menyebarkan berita hoax bahwa ibunda Aisyah berselingkuh dengan seorang pemuda terhormat Sofwan bin Mu’attal itu mati dalam keadaan terhina. Rasulullah sampai ditegur Allah karena terlanjur menyalatkan mayatnya.

Lain lagi shahabat Rasulullah Hassan bin Tsabit yang memiliki ketajaman lidah. Di mana sindiran dari lidahnya yang bercabang dua seperti lidah ular itu lebih menyakitkan bagi musuh-musuh Allah dari pada tebasan pedang dan lemparan dengan batu. Beliau selalu membela Rasulullah dengan kepiawaiannya dalam bersyair.

“Serang mereka dengan ketajaman lidahmu wahai Hassan, sungguh Malaikat Jibril pasti membantumu”, sabda Rasululullah kepadanya.

Lidah memang tidak bertulang. Tapi kedahsyatan sayatannya kadang-kadang melebihi ledakan rudal. Tergantung untuk apa digunakan. Bisa untuk membela agama Allah, juga bisa sebaliknya.

Advertisements
This entry was posted in Serba-Serbi. Bookmark the permalink.

1 Response to Lidah yang Tajam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s