PR Kita

Melihat komentar-komentar pada status saya sebelumnya mengenai penertiban pemakaian mic di masjid, saya jadi tercenung. Batapa besarnya PR kita umat Islam ini. Kita didesak dari luar oleh serangan lawan yang ingin menghancurkan dan semangat menggebu tanpa ilmu serta pemahaman dari saudara kita sebarisan.

Alangkah jauh dan dalamnya pandangan Imam Hasan Al Banna yang menyadari hal ini, hingga beliau mengungkapkan apa yang beliau rasakan dalam beratnya medan dakwah dengan kalimat yang sangat memukau:

ألجموا نزوات العواطف بنظرات العقول، و أنيروا أشعة العقول بلهب العواطف، وألزموا الخيال صدق الحقيقة والواقع، واكتشفوا الحقائق في أضواء الخيال الزاهية البراقة. ولا تميلوا كل الميل فتذروها كالمعلقة، ولا تصادموا نواميس الكون فإنها غلابة، ولكن غالبوها واستخدموها وحولوا تيارها واستعينوا ببعضها على بعض، ورقبوا ساعة النصر وما هي منكم ببعيد

Kekanglah rasa ketergesaan kalian dengan pandangan dan pemikiran yang jernih, dan terangilah kecemerlangan akal pikiran dengan gelora perasaan yang mengharu-biru penuh semangat. Beranganlah dengan kejujuran hakekat dan kenyataan, dan singkaplah hakekat itu di dengan benderangnya angan yang rasional nan cemerlang. Janganlah cenderung kepada salah satu, sehingga kamu biarkan yang lain terkatung- katung. Jangan sekali-kali melanggar aksiomatika alam, karena aksiomatika itulah yang akan menang. Pergunakan, manfaatkan, dan kendalikan arusnya. Jadikanlah yang sebagian untuk mendayagunakan sebagian yang lain. Tunggulah saat kemenangan tiba. Sungguh, ia tidaklah jauh darimu.

Mencerdaskan itu lebih penting dari pada sekedar menjejali otak dengan informasi dan pengetahuan. Makanya saya lebih suka mengajak berfikir dari pada sekedar menyampaikan maklumat pengetahuan.

Advertisements
This entry was posted in Qadhaya. Bookmark the permalink.

1 Response to PR Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s